Training Petugas Utama Ruang Terbatas Sertifikasi Kemnaker Batch II

Alhamdullillah HSP Academy kembali sukses menyelenggarakan publik training Petugas Utama Ruang Terbatas Sertifikasi Kemnaker. Training yang dilaksanakan pada tanggal 17 – 21 Oktober diikuti oleh 16 orang peserta dari beberapa perusahaan. Training ini difasilitasi oleh instruktur-instruktur berpengalaman dari Kementrian Tenaga Kerja. Training petugas utama ruang terbatas atau confined space bertujuan untuk melatih dan mendidik pekerja yang akan ditugaskan masuk kedalam ruang terbatas atau confined space.

Ruang terbatas atau confined space adalah ruangan yang sangat berbahaya dimana terdapat potensi kekurangan oksigen, gas mudah terbakar, gas beracun atau bahaya fisik lain seperti tertimpa, tertimbun, tenggelam, terjatuh, terjepit, dll.

Yang dimaksud dengan ruang terbatas adalah ruangan yang tidak diperuntukan pekerja untuk bekerja rutin didalamnya, dimana terdapat akses masuk dan keluar yang sangat terbatas dan tidak memiliki ventilasi. Contoh ruang terbatas adalah tanki, chamber, gorong-gorong, galian yang melebihi 1.5 meter, dll.

Untuk memasuki ruang terbatas harus memiliki ijin kerja masuk atau dikenal dengan Surat Ijin Kerja Aman Ruang Terbatas. Sebelum memasuki ruang terbatas harus dilakukan analisa bahaya dan risiko seperti pengukuran gas berbahaya, potensi bahaya fisik dan biologis.

Pada pelatihan petugas utama ruang terbatas ini, peserta diajarkan tentang peraturan dan standar kerja ruang terbatas, gas berbahaya, prosedur masuk, dan prosedur penyelamatan.

Berikut adalah foto-foto training Petugas Utama Ruang Terbatas Sertifikasi Kementrian Tenaga Kerja di HSP Academy Training Center.

Print Friendly