Training Pengenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit

Training Akreditasi Rumah Sakit
Training Akreditasi Rumah Sakit

Latar Belakang Training Akreditasi Rumah Sakit :

Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), sejak tahun 1995 telah menetapkan adanya tiga jenjang kelengkapan akreditasi mulai dari 5 (lima) pelayanan, 12 (dua belas) pelayanan, dan 16 (enam belas) pelayanan. Setiap rumah sakit dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kekuatannya sendiri. Setelah disurvei, rumah sakit dapat saja lulus penuh, lulus bersyarat, atau tidak lulus. Akreditasi model ini berbasis kepada performa unit kerja. Diharapkan dengan integrasi unit-unit kerja yang masing-masing memenuhi standar, performa rumah sakit dapat meningkat dan memenuhi standar yang ditetapkan KARS. Akreditasi bagi Rumah Sakit merupakan kewajiban, amanah Undang-Undang, sebagaimana ketentuan tentang kewajiban Rumah Sakit untuk mengikuti akreditasi yang tercantum dalam Undang – Undang Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Tidak ada alasan bagi Rumah Sakit untuk tidak mengikuti program akreditasi.

Telah dijelaskan dalam PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 012 TAHUN 2012 TENTANG AKREDITASI RUMAH SAKIT, Apa itu Akreditasi Rumah Sakit?

Dalam Pasal 1 Peraturan Menteri ini, yang dimaksud dengan:

  • Akreditasi Rumah Sakit, selanjutnya disebut Akreditasi, adalah pengakuan terhadap Rumah Sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri, setelah dinilai bahwa Rumah Sakit itu memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit secara berkesinambungan.
  • Standar Pelayanan Rumah Sakit adalah semua standar pelayanan yang berlaku di Rumah Sakit antara lain standar prosedur operasional, standar pelayanan medis, dan standar asuhan keperawatan.
  • Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
  • Instrumen Akreditasi selanjutnya disebut instrumen adalah alat ukur yang dipakai oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi untuk menilai Rumah Sakit dalam memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit.
  • Pemerintah Pusat, selanjutnya disebut Pemerintah, adalah Presiden Republik Indonesia yang memegang kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Pemerintah Daerah adalah Gubernur, Bupati, Walikota, dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.
  • Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal di lingkungan Kementerian Kesehatan yang bertanggung jawab di bidang upaya kesehatan.

Sasaran Training Akreditasi Rumah Sakit :

Tujuan dari Training Persiapan Akreditasi Rumah Sakit ini adalah :

  • Mampu memfasilitasi RS dalam membuat perencanaan perbaikan strategis, mengelola program akreditasi dan memahami kaitan akreditasi RS dengan target MDG’s tahun 2015
  • Dapat membantu rumah sakit dalam mempersiapkan akreditasi rumah sakit dan monitoring paska survei.

Outline Training Akreditasi Rumah Sakit :

Materi yang akan disampaikan dalam Training Penngenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit ini adalah materi yang berkaitan dengan buku JCI yang terbaru (Edisi 4 Tahun 2011).

Target Peserta Akreditasi Rumah Sakit :

Team Akreditasi Rumah Sakit, Perwakilan Manajemen, Dept Sumber Daya Rumah Sakit, Dokter, Perawat, Bidan, HRD Rumah Sakit dan semua pihak yang terlibat secara langsung ataupun tidak dalam proses akreditasi rumah sakit.

Lead Trainer Akreditasi Rumah Sakit : DR. drg. Pradnya Paramita, MARS, MPM 

Pradnya Paramita lebih dikenal dengan Prita sebagai praktisi di bidang kedokteran gigi di Klinik Anakku dengan peminatan anak berkebutuhan khusus. Berpengalaman di manajemen perumahsakitan 15 tahun bai itu diluar negeri  Singapore General Hospital Singapore, Raffles Hospital, dan di dalam negeri RS International Bintaro yang saat ini disebut RS. Primier Bintaro. Berbekal pengalaman di bidang konsultan kesehatan dan Rumah sakit EPOS Health Management Germany dan berlatar belakan pendidikan master dan doktor di bidang Manajemen Rumah Sakit dari Universitas Indonesia, saat ini sering memberikan mengajar di PKIP-FKM Universitas Indonesia,  dan di HSP Academy juga sebagai asisten teknik serta memberikan bimbingan mnanajemen di berbagai RS di Jabodetabek.

DURASI Training Akreditasi Rumah Sakit : 2 Hari

Tempat  Training Akreditasi Rumah Sakit :

Jakarta – HSP Academy Training Center (Jika peserta maksimal 15 orang)

Jakarta – Hotel Ibis, Atria Sumarecon, Fame Hotel, Grand Zuri BSD (Peserta lebih dari 15 orang)

Biaya Training Akreditasi Rumah Sakit :

Pendaftaran peserta : Rp. 3,500,000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

Informasi dan Pendaftaran Akreditasi Rumah Sakit :

HSP Academy Training Center

Ruko Graha Boulevard Blok D/26 Sumarecon – Gading Serpong – Tangerang

HP: 0812 8190 8009 atau 0812 1990 1006

Phone: (021) 29001151 atau 29001153

Fax. (021) 29001152

Email: info@hspacademy.com

Website : http://trainingcenterrumahsakit.com/

@@@@@ Training Pengenalan Tahapan Awal Menuju Akreditasi Rumah Sakit @@@@

Print Friendly