Seminar Total Safety Culture Paradigma Baru Dalam Penerapan K3 Perusahaan

Seminar Total Safety Culture
Seminar Total Safety Culture

HSP Academy menyelenggarakan seminar sehari Total Safety Culture dengan tema Paradigma Baru Dalam Penerapan K3 Perusahaan. Seminar safety culture yang diadakan pada tanggal 5 Juni 2014 ini dihadiri oleh 21 peserta dari berbagai perusahaan. Seminar ini dilaksanakan di HSP Academy Training Center Gading Serpong Tangerang.

Seminar Total Safety Culture
Seminar Total Safety Culture

Seminar safety culture dimulai pukul 8.30 di pembicara tunggal yaitu Bapak DR. Sayid Ismail, M.Si. Dalam pemaparan materi tentang safety culture beliau mengemukakan berbagai aspek tentang bagaimana membangun sebuah budaya K3 atau safety culture didalam perusahaan, diantaranya adalah adanya komitmen yang kuat dari top manajemen dalam penerapan safety culture. Safety Culture hanya bisa ditegakkan apabilia dimulai dari top management. Pembicara juga menyampaikan bahwa Safety atau K3 adalah salah satu dari 5 aspek penting dalam menjalankan roda bisnis, yaitu: Production, Quality, Cost, Employee relation dan Safety. Program safety hanya bisa berjalan secara berkelanjutan (sustain) jika safety culture sudah berjalan dengan baik. Dalam bahasannya DR. Sayid menjelaskan paradigma baru dalam safety untuk mencapai safety culture yang sustainable atau berkelanjutan, ada 10 paradigma baru dalam K3 yaitu:  1. Corporate responsibility 2.Achievement oriented 3.Behavior focused 4.Bottom-up involvement 5.Interdependent teamwork 6.System approach 7.Fact finding 8.Proactive 9.Continuous improvement dan 10.Safety is value.

Seminar Total Safety Culture
Seminar Total Safety Culture

Para peserta begitu antusias dalam mengikuti seminar safety culture ini, hal terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi antara peserta dan pemateri. Diharapkan dari seminar ini, para peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas tentang safety culture dan dapat menerapkan di perusahaan masing-masing. Ada 20 perusahaan yang hadir dalam seminar ini, yaitu; PT Raga Perkasa Ekaguna, PT Cisadane Chemicals, PT Yasunli Abadi Utama Plastik, PT Freetrend Indonesia, PT Prodia Widyahusada, PT Acset Indonusa, Tbk., PT Doulton, PT Pratama Abadi Industri, PT Taekwang Industrial Indonesia, PT Victory Chingluh Indonesia, PT Adis Domension Footwear, PT Karakatau Consultan, PT Dream Sentosa Indonesia, PT Fengtay Indonesia Enterprises, PT Greentex Indonesia Utama, PT Charoen Pokphand Indonesia, PT Toyota Astra Motor, PT So Good Food Manufacturing, PT Sayap Mas Utama, PT Balairaja Food Makmur Abadi.

Secara keseluruhan, para peserta menilai sangat baik dalam pelaksanaan maupun materi dari seminar ini, dan mereka merasa sangat puas karena sudah mendapatkan wawasan yang lebih luas dalam bidang safety culture.

Jakarta, 27 Juni 2014

HSP Academy

Print Friendly, PDF & Email